Rabu, 22 Oktober 2008

BLENDING MODE

Daftar cara cara Blending

Memilih dari mode menu pop-up pada option bar.

Cat : Hanya normal, Dissolve, Darken, Multiply, Lighten, Linear Dodge (Add), Difference, Hue, Saturation, Color, Luminosity, Lighter Color, dan Mode Darker Color blending tersedia untuk 32 bit gambar.

Normal

Edit atau paint tiap pixel untuk membuat result color. Ini merupakan default mode. ( Mode Normal disebut juga Threshold saat kita bekerja dengan suatu gambar warna bitmapped atau indexed.)

Dissolve

Edit atau paint tiap pixel untuk membuat result color. Bagaimanapun, result color adalah sebuah penempatan pixel secara acak dengan warna dasar atau warna campuran, tergantung pada opasitas dibeberapa lokasi pixel tersebut.

Behind

Edit atau paint yang hanya bisa pada bagian dari layer yang transparan. Mode ini bekerja hanya pada layer-layer dengan Lock Transparency deselected dan dapat disamakan untuk mencetak pada bagian belakang dari area yang transparan pada selembar yang mengandung asam.

Clear

Edit atau paint tiap pixel dan membuat transparan. mode ini disediakan untuk Shape tools (saat mangisi area http://livedocs.adobe.com/en_US/Photoshop/10.0/images/P_VectorShapeFilled_Md_N.png yang dipilih), Paint Bucket tool http://livedocs.adobe.com/en_US/Photoshop/10.0/images/P_Fill_Lg_N.png, Brush tool http://livedocs.adobe.com/en_US/Photoshop/10.0/images/P_Brush_Lg_N.png, Pencil tool http://livedocs.adobe.com/en_US/Photoshop/10.0/images/P_Draw_Lg_N.png, Fill command, dan Stroke command. Kita harus berada pada layer dengan Lock Transparency deselected untuk menggunakan mode ini.

Darken

Lihat pada color information pada tiap channel dan pilih warna dasar atau campuran —yang mana yang lebih gelap—sebagai result color. Pixel lebih terang dibanding warna campuran yang dipindahkan, dan pixel lebih gelap daripada warna campuran yang tidak berubah.

Multiply

Lihat pada color information pada tiap channel dan melipatgandakan warna dasar dengan warna campuran. result color selalu merupakan warna yang lebih gelap. Melipatgandakan beberapa warna dengan warna hitam akan menghasilkan warna hitam. Melipatgandakan beberapa warna dengan warna putih, tidak ada perubahan warna. saat kita memberi warna dengan warna yang lain kecuali hitam atau putih, strokes yang berturut turut dengan painting tool akan menghasilkan warna-warna yang lebih gelap secara progresif. Pengaruhnya sama dengan menggambar pada image dengan multiple marking pens.

Color Burn

Lihat pada color information pada tiap channel dan menggelapkan warna dasar untuk memantulkan warna campuran dengan meninggikan kontras. Pencampuran dengan warna putih, tidak menghasilkan perubahan apa-apa.

Linear Burn

Lihat pada color information pada tiap channel dan menggelapkan warna dasar untuk memantulkan warna campuran dengan menurunkan brightness. Pencampuran dengan warna putih, tidak menghasilkan perubahan apa-apa.

Lighten

Lihat pada color information pada tiap channel dan pilih warna dasar atau campuran—yang mana yang lebih terang—sebagai result color. Pixel lebih gelap daripada warna campuran yang dipindahkan, dan pixel lebih terang daripada warna campuran yang tidak berubah.

Screen

Lihat pada channel color information dan melipatgandakan kebalikan dari warna campuran dan dasar. result color selalu merupakan warna yang lebih terang. Screening dengan warna hitam, tidak ada perubahan warna. Screening dengan warna putih akan menghasilkan warna putih. Pengaruhnya sama dengan melipatgandakan rancangan slide photographic diatas pada tiap-tiapnya.

Color Dodge

Lihat pada color information pada tiap channel dan menerangkan warna dasar untuk memantulkan warna campuran dengan menurunkan kontras. Pencampuran dengan warna hitam, tidak menghasilkan perubahan apa-apa.

Linear Dodge (Add)

Lihat pada color information pada tiap channel dan menerangkan warna dasar untuk memantulkan warna campuran dengan meningkatkan brightness. Pencampuran dengan warna hitam, tidak menghasilkan perubahan apa-apa.

Overlay

Melipatgandakan atau menyaring warna-warna, tergantung pada warna dasarnya. Membuat Pola-pola atau warna-warna overlay pixel yang ada selama mempertahankan bagian-bagian terang dan gelap pada warna dasar. Warna dasar tidak diganti/dipindah tapi dicampur dengan warna campuran untul memantulkan lightness atau darkness pada original color.

Soft Light

Meggelapkan atau menerangkan warna-warna , tergantung pada warna campuran. Pengaruhnya sama dengan untuk menyinari sebuah titik cahaya yang tersebar pada gambar. Jika warna campuran (light source) lebih terang dibanding 50% gray,gambar diterangkan sebagaimana gambar tersebut di dodged.jika warna campuran lebih gelap dibanding 50% gray, gambar digelapkan sebagaimana gambar tersebut di burned in. menggambar dengan hitam atau putih yang pure akan menghasilkan area yang lebih gelap atau terang dengan berbeda , tetapi tidak menghasilkan dalam warna hitam atau putih yang pure.

Hard Light

Melipatgandakan atau menyaring warna-warna, tergantung pada warna campurannya. Pengaruhnya sama dengan untuk menyinari sebuah titik cahaya yang kasar pada image. Jika warna campuran (light source) lebih terang daripada 50% gray,gambar diterangkan, sebagaimana gambar tersebut disaring. Ini berguna untuk menambahkan highlights pada image. Jika warna campuran lebih gelap dibanding 50% gray, image digelapkan, sebagaimana gambar tersebut dilipatgandakan. Ini berguna untuk menambahkan shadows pada image. Menggambar dengan warna hitam atau putih yang pure akan menghasilkan dalam warna hitam atau putih yang pure.

Vivid Light

Burns atau dodges warna dengan meningkatkan atau menurunkan kontras, tergantung dengan warna campurannya. Jika warna campuran (light source) lebih terang dibanding 50% gray, image diterangkan dengan menurunkan kontras. Jika warna campuran lebih gelap dibanding 50% gray, image digelapkan dengan meningkatkan kontras.

Linear Light

Burns atau dodges warna-warna dengan menurunkan atau meningkatkan brightness, tergantung dari warna campurannya. Jika warna campuran (light source) lebih terang dibanding 50% gray, image diterangkan dengan meningkatkan brightness. Jika warna campuran lebih gelap daripada 50% gray, image digelapkan dengan menurunkan brightness.

Pin Light

Replaces warna-warna, tergantung dari warna campurannya. Jika warna campuran (light source) lebih terang daripada 50% gray, pixel-pixel yang lebih gelap daripada warna campuran yang dipindah, dan pixel-pixel yang lebih terang dibanding warna campuran yang tidak berubah. Jika warna campuran lebih gelap daripada 50% gray, pixel-pixel lebih terang daripada warna campuran yang dipindah, dan pixel-poxel lebih gelap daripada warna campuran yang tidak berubah. ini berguna untuk menambahkan special effect pada image.

Hard Mix

Menambah nilai channel warna merah, hijau dan biru pada warna campuran untuk RGB values pada warna dasar. Jika hasil penjumlahan pada channel adalah 255 atau lebih besar, itu menerima nilai pada 255; jika kurang dari 255, nilainya pada 0. oleh karena itu, semua pixel-pixel nilai channel yang mempunyai warna merah, hijau dan biru yang dicampur juga dari 0 atau 255. Perubahan semua pixel pixel ini untuk primary colors: red, green, blue, cyan, yellow, magenta, white, atau black.

Difference

Lihat pada color information pada tiap channel dan mengurangi tiap warna campuran dari warna dasar atau warna dasar dari warna campuran, tergantung yang mana yang memiliki nilai brightness yang lebih besar. Blending dengan warna putih akan membalikkan nilai warna dasar; blending dengan warna hitam tidak menghasilkan perubahan.

Exclusion

Menciptakan sebuah effect yang sama, tetapi lebih rendah pada kontras daripada mode yang berbeda. Blending dengan warna putih akan membalikkan nilai warna dasar. blending dengan warna hitam tidak menghasilkan perubahan.

Hue

Menciptakan result color dengan luminance dan saturation pada warna dasar dan hue pada warna campuran.

Saturation

Menciptakan result color dengan luminance dan hue pada warna dasar dan saturation pada warna campuran. Menggambar dengan mode ini dalam sebuah area dengan tidak ada (0) saturation (gray) karena tidak ada perubahan.

Color

Menciptakan result color dengan luminance pada warna dasar dan hue dan saturation pada warna campuran. Ini mempertahankan gray levels dalam image dan berguna untuk coloring gambar gambar monochrome dan untuk memberi warna color images.

Luminosity

Menciptakan result color dengan hue dan saturation pada warna dasar dan luminance pada warna campuran . mode ini menciptakan effect yang terbalik pada Color mode.

Lighter Color

Membandingkan total dari seluruh nilai channel untuk warna campuran dan warna dasar dan memperlihatkan warna nilai yang lebih tinggi. Warna yang lebih terang tidak tidak menghasilkan sebuah warna yang ketiga, yang mana dapat menghasilkan dari campuran yang terang, karena memilih nilai channel yang paling tinggi dari kedua warna dasar dan warna campuran tersebut untuk menciptakan result color.

Darker Color

Membandingkan total dari seluruh nilai channel untuk warna campuran dan warna dasar dan memperlihatkan warna nilai yang lebih rendah. Warna yang lebih gelap tidak menghasilkan warna ketiga, yang mana dapat menghasilkan dari campuran yang gelap, karena memilih nilai channel yang paling rendah dari kedua warna dasar dan warna campuran tersebut untuk menciptakan result color.

3 komentar:

Herman Pratomo mengatakan...

Saya ingin memberikan kesempatan kepada TGP2007 untuk mencoba Blending Mode, diskusikanlah dan berikan koreksi.
Saya terus terang tidak mengerti semuanya, jadi ya perlu belajar lagi.
Salam

sunardi mengatakan...

Nyari prepress... eh terdampar disini. Blog kok lengkap gini. Saya sumpahin yang punya jadi orang kaya.

Herman Pratomo mengatakan...

... amin ...
semoga blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, blog ini berisi catatan-catatan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang proses pracetak untuk mahasiswa jurusan grafika. Jawaban disesuaikan dengan standard industri internasional atau rujukan normatif lainnya.
Terima kasih.