Minggu, 19 Oktober 2008

OPEN TYPE FONT (OTF)

Yuni Nurvita Sari-Grafika 3 Pagi/TGP/PNJ

>> OPEN TYPE FONT (OTF)

OpenType® adalah format baru untuk file Font (Jenis Huruf) yang dikembangkan bersama-sama oleh Adobe dan Microsoft dengan basis lintas-platform.

Adobe telah mengkonversi seluruh Adobe Jenis Perpustakaan dalam format ini dan sekarang menawarkan ribuan OpenType font dan menerbitkannya dalam koleksi FortFolio nya yang terbaru.

Dua manfaat utama dari OpenType dengan format yang lin
tas-platform kompatibilitas (font file yang sama bekerja pada komputer Macintosh dan Windows tanpa harus dikonversi terlebihdahulu), dan kemampuan untuk mendukung secara luas dan tata letak karakter set fitur yang lebih kaya linguistik memberikan dukungan dan kontrol lanjutan berkenaan dgn percetakan.

OpenType format yang merupakan perpanjangan tangan dari TrueType SFNT format yang juga dapat mendukung Adobe ® PostScript ® font data dan fitur baru berkenaan dengan percetakan.

OpenType font PostScript berisi data,
seperti di Adobe Jenis Perpustakaan, file OpenType Font memiliki akhiran nama (sufiks) ".otf", sedangkan TrueType font-berbasis OpenType memiliki ".ttf" akhiran nama file.

OpenType font dapat diperluas termasuk karakter mengatur tata letak dan fitur, memberikan dukungan bahasa lebih luas dan lebih tepat berkenaan dgn percetakan kontrol. Fitur-kaya Adobe OpenType font dapat dibedakan dengan kata "Pro," yang merupakan bagian dari nama font dan muncul dalam menu aplikasi font.

Setiap OpenType font hanya menggunakan satu file font untuk semua dari garis besar, metrik, dan data bitmap, membuat manajemen file lebih sederhana. Selain itu, file font yang sama bekerja pada komputer Macintosh dan Windows.

Akibatnya, OpenType memungkinkan Kita memindahkan file bolak-balik antara platform Windows dan Machintosh dengan mudah tanpa mengkhawatirkan terjadi perubahan yang tidak diinginkan.

OpenType font dibeli dan di-download dari situs web Adobe di
format ZIP yang dapat unpacked dengan WinZip untuk Windows dan StuffIt Expander ™ untuk Macintosh.

Panel OpenType di Adobe Illustrator
A) Standard Ligatues,
B) Contextual Alternates, C) Discretionary Ligatures, D) Swash,
E) Stylistic Alternates, F) Titling Alternates, G) Ordinals, H) Fractions

Pengkodean simbol karater OpenType Font berdasarkan pengkodean Unicode, internasional multi-byte aksara yang meliputi hampir semua bahasa di dunia, OpenType font dapat membuat multi tipografi lebih mudah dengan beberapa bahasa termasuk karakter dalam satu set font. Semua Adobe OpenType font standar termasuk berbagai karakter Latin digunakan di dunia Barat, dan beberapa karakter internasional, termasuk "perkiraan," liter, dan simbol-simbol mata uang international, seperti euro, dollar dan Yen.

Adobe melengkapi font untuk mendukung karakter Eropa Tengah dan Eropa Timur, seperti Turki dan Polandia. Demikian juga karakter Cyrillic dan aksara Yunani dituangkan dalam font yang sama, jenis ini oleh Adobe dikelompokan menjadi Open Type Pro.

Di masa lalu, yang khas Barat font PostScript hanya terbatas untuk 256 glyphs, memaksa anda untuk memasang dan mengelola dua atau lebih yang berhubungan dengan gaya font untuk akses "ahli menetapkan" karakter. OpenType font signifikan menyederhanakan manajemen dan penerbitan kerja dengan memastikan bahwa semua yang diperlukan untuk glyphs dokumen yang terdapat dalam satu lintas-platform file font sepanjang kerja.

OpenType font mungkin berisi lebih dari 65.000 glyphs, yang memungkinkan sebuah file font ke berisi banyak nonstandard glyphs, seperti gaya lama-angka, huruf besar kecil benar (small Caps), pecahan, swashes, atasan (ordinals), inferiors, titling huruf, dan gaya kontekstual secara bergantian, dan lengkap ligatures.
(gambar: Panel Glyph di Adobe InDesign)


Historis, beberapa kualitas typefaces memiliki desain yang berbeda termasuk untuk mencetak berbagai ukuran. Beberapa dari Adobe's OpenType font mencakup empat ukuran variasi optik: keterangan, biasa, anak judul dan layar. Disebut "Opticals," variasi ini telah dioptimalkan untuk penggunaan di jalur ukuran tertentu.

Walaupun ukuran yang tepat ditujukan oleh keluarga berbeda, secara umum berkisar ukuran meliputi: keterangan (6-8 titik), biasa (titik 9-13), anak judul (titik 14-24) dan layar (25-72 titik).
Karena keterbatasan font teknologi sebelumnya, dukungan untuk karakter set dan ahli bahasa diperlukan beberapa font file terpisah.

OpenType font menyediakan jauh lebih berkenaan dgn percetakan dengan menggabungkan kemampuan dasar karakter set, set ahli, dan luas tambahan glyphs menjadi satu file.

Pusat untuk diskusi dari OpenType mendukung fitur terletak perbedaan antara karakter dan glyphs. Karakter adalah kode poin yang ditetapkan oleh standar Unicode, yang mewakili arti kata unit terkecil dari bahasa, seperti huruf. Glyphs adalah bentuk khusus yang mereka dapat mengambil karakter.


OpenType tata letak fitur dapat digunakan untuk posisi atau pengganti glyphs. Untuk setiap karakter, ada standar glyph posisi dan perilaku. Penerapan tata letak fitur untuk satu atau lebih karakter dapat mengubah posisi, atau ganti glyph yang berbeda. Misalnya, aplikasi dari kecil ke ibukota negara fitur "yang" akan mensubstitusi tutup kecil "yang" glyph huruf kecil biasa untuk "sebuah" glyph. Untuk akses alternatif glyphs di sebuah OpenType Pro font, aplikasi menyediakan antarmuka pengguna akhir yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan tata letak OpenType fitur untuk teks.

Aplikasi yang tidak mendukung Unicode atau tata letak fitur canggih OpenType masih dapat mengakses dasar glyph set OpenType Pro font, yang sejalan dengan glyph set di hari ini PostScript Type 1 font.

Yang lebih "sebuah" karakter dapat diwakili oleh beberapa glyphs OpenType dalam sebuah font.


Saya cari di wikipedia indonesia & google. Sekian terima kasih.

Tidak ada komentar: